Thursday, April 11, 2019

Berpuasa Di Hari Syak (Melihat Anak Bulan)

Khamis, 5 Syaában 1440H: Dari Abu Yunus dari Simaak katanya: "Ketika aku berkunjung ke tempat Ikrimah dihari yang masih diragukan, kudapati dia sedang makan roti dicampur dengan susu dan sayuran, maka dia mempersilakan aku untuk ikut makan. 

Kataku: "Sekarang aku sedang berpuasa Ramadhan". 

Kata Ikrimah: "Demi Allah, aku minta sebaiknya engkau batalkan puasamu"

Aku tetap menolaknya dengan mengucapkan subhanallah sebanyak dua kali. Ketika Ikrimah tetap memaksaku dengan bersumpah, maka aku berkata: "Adakah engkau mempunyai dalil?" 

Jawab Ikrimah: "Aku pernah mendengar Ibnu Abbas berkata: "Rasulullah saw telah bersabda: "Berpuasalah dan berbukalah berdasarkan ru'yah yang dapat kamu lihat. Dan Jika kamu sampai terhalang oleh mendung atau kabut, maka genapkan bulan Sya'ban menjadi 30 hari. Jangan kamu mendahului berpuasa Ramadhan sedang kamu sedang berada di bulan Sya'ban."

Hadis Sunan An-Nasai Jilid 2. Hadis Nombor 2155.

No comments: